Apple iPhone 12 dan iPhone 12 Pro: Semua yang kami ketahui sejauh ini


Awal tahun ini, kami disuguhi smartphone baru dari Apple yang disebut iPhone SE (iPhone edisi 2020). Yang menawarkan banyak pembaruan dari iPhone yang dibandrol dengan harga hanya $ 399.  Namun, bagaimana dengan iPhone 12?  Yah, kita masih berharap untuk melihat seri Apple iPhone 12 tahun ini.

Meskipun pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung dapat menyebabkan beberapa penundaan atau masalah lain untuk batch iPhone berikutnya, kami memiliki informasi yang cukup tentang perangkat baru untuk mengatakan dengan keyakinan bahwa kami masih akan melihat Apple iPhone 12 tahun ini.  Jelas, acara peluncuran Apple yang biasa bisa terlihat jauh berbeda, tetapi akan sangat mengejutkan jika seri ponsel tidak mendarat tahun ini.

Di bawah, Anda akan menemukan ringkasan dari semua rumor kredibel yang kami ketahui sejauh ini tentang seri Apple iPhone 12.  Ingatlah bahwa OEM Android cenderung mengikuti apa yang Apple lakukan, sehingga berita yang Anda baca di artikel ini dapat memengaruhi Anda bahkan jika Anda tidak membeli iPhone.

iPhone 12: Nama dan tanggal rilis

Skema penamaan Apple untuk smartphone-nya dulu sangat mudah.  Namun, dengan peluncuran iPhone X pada tahun 2017, segalanya menjadi cukup membingungkan.  Meskipun kami tidak tahu pasti, kami cukup yakin bahwa seri Apple iPhone 12 adalah apa yang sedang terjadi pada tahun ini, dan kami dapat berasumsi bahwa berdasarkan sejarah nama-nama iPhone.

Nama-nama produk menunjukkan bahwa perangkat di mana Apple sebagian besar mengubah desain dibandingkan dengan tahun sebelumnya:

 2007 - iPhone
 2008 - iPhone 3G
 2009 - iPhone 3GS
 2010 - iPhone 4
 2011 - iPhone 4S
 2012 - iPhone 5
 2013 - iPhone 5S dan iPhone 5C
 2014 - iPhone 6 dan iPhone 6 Plus
 2015 - iPhone 6S dan iPhone 6S Plus
 2016 - iPhone 7 dan iPhone 7 Plus
 2017 - iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X
 2018 - iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max
 2019 - iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max

Sejauh ini, semua rumor menunjuk ke iPhone tahun ini yang menampilkan desain ulang yang signifikan dibandingkan dengan tahun lalu.  Karena sejarah Apple menunjukkan bahwa desain baru cenderung mendapatkan nomor baru, kami cenderung percaya bahwa kami dapat mengharapkan seri Apple iPhone 12 untuk meluncurkan musim gugur ini.  Sepertinya tidak akan ada seri iPhone 11S.

Berbicara tentang Musim Gugur, kapan kita akan benar-benar melihat perangkat ini diluncurkan?  Hampir setiap rilis iPhone utama telah terjadi pada bulan September, jadi masuk akal untuk mengasumsikan kita akan melihat seri Apple iPhone 12 pada bulan September 2020. Sekali lagi, pandemi COVID-19 dapat melemparkan kunci ke dalam rencana itu.


Apakah model iPhone baru 2020?

Daftar rilis iPhone di bagian sebelumnya memberikan gambaran yang jelas: seiring berjalannya waktu, Apple merilis semakin banyak iPhone setiap tahun.  Kami sudah memiliki satu iPhone baru tahun ini, dan kami berharap Apple akan memiliki peluncuran terbesarnya pada musim gugur ini dengan Apple iPhone 12 series yang mungkin berisi total empat ponsel.

Jika Anda ingat, tahun lalu kami melihat iPhone 11 (yang merupakan penerus untuk iPhone XR), iPhone 11 Pro (penerus untuk iPhone XS), dan iPhone 11 Pro Max (penerus untuk  iPhone XS Max).  Tahun ini akan berbeda.

IPhone 4,7 inci yang diperlihatkan dalam gambar di atas sejajar sempurna dengan iPhone SE yang diluncurkan pada April 2020, sehingga salah satunya diperhitungkan.  Itu hanya membuat kita berfikir tentang mengapa mungkin ada dua perangkat kelas atas di Apple iPhone 12 series yang ukurannya sama.


“Kami tidak yakin bagaimana iPhone 12 series akan ditata, tetapi kami relatif yakin akan ada empat model”

Satu teori adalah bahwa perangkat 5,4 inci dan salah satu dari perangkat 6,1 inci sebenarnya adalah dua varian dari iPhone 12. Yang lebih kecil mungkin adalah iPhone 12 Compact, jika Anda mau, sedangkan yang lebih besar akan menjadi iPhone 12 yang tepat.  Kemudian perangkat 6,1 inci lainnya adalah iPhone 12 Pro dengan desain dan ukuran yang sama dengan iPhone 12 yang lebih besar tetapi dengan beberapa spesifikasi yang ditingkatkan, dan perangkat 6,7 inci adalah iPhone 12 Pro Max.

Namun, itu saja yang kami ketahui saat ini, Saat semakin dekat dengan peluncuran seri Apple iPhone 12, kami kemungkinan akan memiliki gagasan yang jauh lebih baik tentang apa yang sedang terjadi.  Yang bisa kita katakan sekarang adalah kemungkinan besar akan ada empat model iPhone 12.


Desain seri iPhone 12: Memiliki noth baru dan banyak lagi

Tahun lalu, Apple mempertahankan desain iPhone sama seperti model 2018.  Satu-satunya perubahan drastis adalah modul kamera belakang, yang berubah menjadi bujur sangkar untuk memberi ruang bagi tiga lensa di belakang iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max.  Namun, dengan Apple iPhone 12 series, kami berharap seluruh ponsel akan didesain ulang.

Rumor pertama yang kami dengar adalah bahwa noth di bagian depan iPhone dapat melihat pengurangan ukuran yang signifikan.  Kedudukan saat ini mencakup sekitar setengah dari bagian atas iPhone, sementara desain baru dapat menguranginya menjadi hanya 1/4 dari lebar tampilan.  Ini akan menjadi perubahan yang disambut baik karena sebagian besar ponsel Android telah menghapus noth sepenuhnya atau memotongnya sedemikian rupa sehingga hampir tidak memiliki noth.

Namun, Apple masih membutuhkan noth yang cukup besar untuk membawa semua teknologi ID Wajah yang diperlukan untuk memungkinkan pemetaan 3D wajah seseorang.  Kami tidak mengharapkan salah satu perangkat dalam seri Apple iPhone 12 memiliki sensor sidik jari, yang berarti Anda akan memerlukan ID Wajah untuk keamanan biometrik.  Dengan demikian.

Di tempat lain, kami telah mendengar beberapa rumor bahwa Apple dapat mengembalikan desain logam dari iPhone 4 yang sudah dilakukan pada iPad Pro baru-baru ini.  Ini berarti bahwa Apple iPhone 12 series dapat memiliki layar datar daripada panel kaca melengkung pada semua model saat ini (kecuali iPhone SE).  Ada banyak kritik keras terhadap layar kaca yang melengkung di smartphone, jadi ini mungkin akan menjadi kabar baik bagi mereka.

Awalnya, ada rumor Apple akan menghapus port Lightning pada seri Apple iPhone 12 dan hanya mengandalkan solusi nirkabel atau akhirnya membuat lompatan ke port USB-C standar.  Namun, semua rumor saat ini menunjuk ke seri iPhone 12 yang terus menggunakan konektor Lightning.  Ini jauh lebih mungkin iPhone tahun depan akan mengadopsi USB-C atau mengabaikan port kabel sepenuhnya.

iPhone 12: Spesifikasi dan fitur

Beberapa spesifikasi dari Apple iPhone 12 series cukup terjamin.  Sebagai contoh, hampir pasti bahwa kita akan melihat chipset A14 yang digunakan di iPhone kelas atas karena iPhone 2019 semuanya memiliki Bionik A13.
Hampir dipastikan bahwa modem Qualcomm X55 akan disertakan dalam seri Apple iPhone 12.  Ini akan memungkinkan iPhone menjadi berkemampuan 5G, yang penting bagi Apple untuk tetap kompetitif.  Pada titik ini, Anda dapat menggunakan modem X55 sebagai hadiah, karena Apple sangat serius untuk mendapatkannya.
Batch iPhone 2019 adalah yang pertama datang dengan 6GB RAM, jadi masuk akal untuk mengasumsikan setidaknya iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max memiliki 6GB atau lebih.  Model-model kelas bawah di Apple iPhone 12 series hanya bisa memiliki 4GB.

Beberapa spesifikasi iPhone diberikan, seperti dimasukkannya snapdragon X55.  Tetapi kita juga dapat mengasumsikan beberapa spesifikasi lain juga.

Ada kemungkinan juga bahwa Apple akhirnya akan meningkatkan jumlah penyimpanan internal entry-level pada iPhone tahun ini.  IPhone SE - yang, sekali lagi, hanya berharga $ 399 - hadir dengan penyimpanan minimum 64GB.  Oleh karena itu, akan tampak konyol bagi model kelas atas untuk mulai menggunakan 64GB, yang berarti kita akhirnya dapat melihat data awal 128GB untuk seri Apple iPhone 12.  Ini akan menjadi berita bagus bagi penggemar Pixel, karena kemungkinan akan memaksa Google untuk melakukan hal yang sama dengan Google Pixel 5.
Karena iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max datang dengan tiga lensa kamera belakang, masuk akal untuk mengasumsikan akan ada setidaknya tiga lensa di belakang varian Pro tahun ini.  Bahkan mungkin kita akan melihat pengaturan quad-lens pada iPhone 12 Pro Max, yang dapat membantu Apple mendorong harga perangkat lebih tinggi dari sebelumnya.  Either way, mengharapkan kamera dan terutama kemampuan video dari kamera-kamera itu menjadi aspek utama dari iklan Apple untuk seri iPhone 12.

iPhone 12: Harga dan ketersediaan

Berikut adalah harga awal untuk seri iPhone 11:

 $ 699 - iPhone 11
 $ 999 - iPhone 11 Pro
 $ 1.099 - iPhone 11 Pro Max
 Dengan masuknya dukungan 5G yang diharapkan serta desain baru yang dirubah, orang akan menganggap Apple iPhone 12 series akan lebih mahal.  Namun, rumor awal menunjukkan bahwa Apple dapat menjaga harga iPhone 12 pada dasarnya sama dengan seri iPhone 11.  Menurut rumor-rumor itu, inilah yang mungkin dikenakan biaya untuk seri iPhone 12:

Harga iPhone 12 yang bocor (hanya rumor):

 IPhone 12 5,4 inci: $ 649
 IPhone 12 6,1 inci: $ 749
 IPhone 12 Pro 6,1 inci: $ 999
 IPhone 12 Pro Max 6,7 inci: $ 1.099

Jika harga ini akhirnya benar, itu akan menjadi berita bagus bagi konsumen.  Pesaing Apple, Samsung, baru-baru ini meluncurkan Samsung Galaxy S20 Ultra - yang dimulai dengan harga $ 1.400 yang sangat mahal - dan itu akan terlihat sangat mahal dibandingkan dengan iPhone 12 Pro Max seharga $ 1.099.

Namun, daftar harga di atas hanya dikabarkan pada saat ini.

Namun, seperti biasa, Anda dapat mengharapkan seri iPhone 12 tersedia di seluruh dunia dengan model serupa di semua negara biasa.  Jika ada satu hal yang dapat Anda andalkan dengan Apple adalah tidak ada omong kosong khusus kawasan yang membuat hal-hal membingungkan bagi pembeli (petunjuk, OEM Android).