MIUI 12 diluncurkan dengan desain ulang visual utama, Mode Gelap 2.0, dan banyak lagi

Xiaomi telah mengumumkan versi baru MIUI skin Android-nya.  Berhasil MIUI 11, perangkat lunak MIUI 12 terbaru akan membawa sejumlah UI dan perbaikan visual untuk ponsel Xiaomi yang memenuhi syarat.  Ia juga mendapat fitur-fitur baru seperti mode gelap yang dirubah, peningkatan privasi dan alat keamanan, animasi baru, wallpaper baru, dan banyak lagi.

Pada acara MIUI 12, Xiaomi juga mencatat bahwa MIUI sekarang memiliki 310 juta pengguna aktif bulanan dan bahwa versi terbaru adalah sistem operasi seluler pertama yang telah lulus dari TÃœV Rheinland's "Tes Perlindungan Privasi Sistem Android Ditingkatkan."




FITUR DARK MODE


Dark Mode 2.0 pada MIUI 12 akan membawa peredupan wallpaper ke ponsel Xiaomi.  Fitur ini akan bekerja seiring dengan waktu siang dan secara bertahap akan meredupkan wallpaper seiring perubahan siang hari ke waktu malam.

Xiaomi juga mengubah cara teks ditampilkan saat pengguna beralih antara mode terang dan gelap.  Pada MIUI 12, ponsel akan secara otomatis menyesuaikan bobot dan tebal font untuk mengurangi silau ketika mode gelap dihidupkan.  Kontras font juga akan disesuaikan tergantung pada lingkungan sekitar pengguna.  Ini akan sangat meningkatkan keterbacaan teks dalam kondisi cahaya rendah.




DESAIN DAN VISUAL
Di MIUI12, Xiaomi telah memvisualisasikan informasi sistem inti, memungkinkan Anda untuk melihat status sistem secara sekilas.  Xiaomi menyebut ini "Desain Visual Sensorik" baru.  Apa artinya ini pada dasarnya adalah bahwa sekarang ketika Anda mengunjungi halaman Pengaturan di ponsel Anda atau memeriksa hal-hal seperti ketersediaan penyimpanan, Anda akan melihat informasi sistem yang disajikan dalam bentuk grafik dan diagram visual, sehingga lebih mudah untuk dipahami dan dikonsumsi.  Anda dapat melihat contoh desain baru Xiaomi pada gambar di atas.

Xiaomi juga telah memperkenalkan "Wallpaper Super" dengan MIUI 12. Perusahaan ini telah menciptakan model 3D animasi Mars dan Bumi presisi tinggi berdasarkan data eksplorasi ruang yang tersedia.  Anda dapat mengatur Wallpaper Super ini di layar ponsel Anda yang terkunci dan tidak terkunci.  Ketika mode gelap dihidupkan, planet yang Anda pilih untuk wallpaper juga akan memasuki waktu malam, sehingga meningkatkan pengalaman visual anda.

Xiaomi telah banyak berfokus pada perancangan ulang visual ketika datang ke MIUI 12. Kulit baru akan membawa animasi cuaca realistis dan menunjukkan perubahan cuaca real-time yang ditampilkan dalam bentuk film selang waktu di layar Anda.

Animasi ikon aplikasi juga mendapat penyegaran.  Ikon aplikasi sekarang akan menghasilkan umpan balik real-time berdasarkan gerakan Anda.  Xiaomi mengatakan perubahan arah dan kecepatan gerakan akan menyebabkan ikon aplikasi bereaksi berbeda.

Misalnya, ketika Anda menghapus aplikasi, animasi riak juga akan memengaruhi ikon aplikasi di sekitarnya.
Di area lain, Anda akan melihat animasi baru untuk rotasi layar, membuka dan menutup aplikasi, dan banyak lagi.

MIUI 12 juga menghadirkan gerakan baru ke ponsel Anda.  Misalnya, Anda dapat menggesek panel notifikasi untuk berinteraksi dengan notifikasi tanpa harus mengabaikan apa yang Anda lakukan.  Anda juga dapat menggeser ke bawah pada panel notifikasi untuk membentangkannya ke jendela kecil, yang kemudian dapat dengan bebas menyeret layar untuk efek layar terbagi.

Xiaomi telah melatih asisten AI-nya - Xiao AI - untuk menjawab panggilan bagi pengguna sejak tahun lalu.  Ini mirip dengan fitur Skrining Panggilan Google yang diperkenalkan dengan Pixel 3.
Xiaomi sekarang telah mengungkapkan bahwa setelah setengah tahun pengujian, asisten telepon AI telah menjawab 4 juta panggilan untuk pengguna beta tertutup.  Dengan MIUI 12, Xiaomi secara resmi meningkatkan asisten ponsel AI ke fitur yang disebut "AI Calling."  Dengan itu, pengguna akan dapat menyesuaikan bahasa di mana mereka ingin panggilan mereka dijawab.  Mereka juga akan dapat beralih antara menjawab panggilan otomatis atau manual.  Namun, saat ini tidak jelas apakah fitur tersebut akan diluncurkan untuk pengguna di luar China.
MIUI 12 juga menghadirkan fitur privasi yang ditingkatkan untuk ponsel Xiaomi.  Misalnya, Anda sekarang dapat memilih untuk memberikan izin ke aplikasi hanya sekali atau hanya saat Anda menggunakannya.  Izin akan dicabut setelah Anda selesai menggunakan aplikasi.  Untuk aplikasi yang tidak menjelaskan penggunaan izin di ponsel Anda, opsi "Selalu Izinkan" tidak akan diberikan.

MIUI 12 juga akan membantu pengguna melacak perilaku aplikasi. Anda akan dapat melihat catatan tentang bagaimana suatu aplikasi berperilaku pada ponsel Anda, informasi yang dikumpulkannya, aplikasi lain yang digunakannya, dll, semuanya dalam satu tempat.

Berbagi foto juga akan lebih aman.  Xiaomi mengatakan informasi sensitif seperti detail perangkat akan dihapus dari file gambar sebelum Anda membaginya dengan siapa pun.

Tanggal rilis MIUI 12 dan ketersediaan
Xiaomi mengatakan bahwa itu akan mulai meluncurkan versi stabil MIUI 12 pada akhir Juni, 2020. Sementara itu, ia akan membuka program pengujian beta di Cina hari ini pukul 6 pagi ET.


TIPE XIAOMI YANG MENDUKUNG PEMBARUAN

MIUI 12 ponsel pembaruan yang memenuhi syarat, Ponsel Xiaomi dan Redmi yang memenuhi syarat untuk menerima pembaruan MIUI 12 yang stabil mulai Juni termasuk perangkat berikut:

Batch pertama;
Xiaomi Mi 10 Pro
Xiaomi Mi 10
Xiaomi Mi 10 Youth Edition
Xiaomi Mi 9 Pro
Redmi K30 Pro
Redmi K30
Redmi K20 Pro
Redmi K20

Batch kedua;
Mi Mix 3
Xiaomi Mi 8 series
Redmi Note 8 Pro
Redmi Note 7, 7 Pro

Batch ketiga;
Mi Mix 2
Redmi 8, 8A
Redmi 7, 7A
Mi CC9, CC9 Pro, CC9e