Fitur Tersembunyi Pada iOS 14, logo Apple di belakang iPhone dapat berfungsi?


Baru baru ini Apple telah menggelar WWDC20 pada 22 juni waktu Amerika, dan pada 23 juni 00:00 waktu Indonesia bagian barat. Saat ini iOS 14 telah masa uji coba yaitu iOS 14 Developer Beta. 

Review ini membahas beberapa pembaruan yang telah dirilis Apple pada bulan juni ini. Banyak sekali perubahan pada menu home screen pada iPhone di iOS 14, seperti telah diketahui tampilan iOS 14 memiliki widget pada home screen yang dapat di atur sesuka hati, dan menu app library dengan sesuai kategori.

Berikut ini adalah beberapa fitur iOS 14 dan juga fitur tersembunyi di iOS 14:

1, Widget

Fitur widget ini telah ada pada android sebelumnya, tetapi Apple memutuskan untuk menambahkan widget tersebut.

2, Translate

Fitur Translate ini dibuat oleh Apple sendiri, sebelumnya iTranslate yang menjadi aplikasi hight pada iOS, tidak asing lagi dengan yang namanya Google Translate aplikasi Google Translate sudah ada pada 14 tahun hadir. Dan kini pengguna iOS 14 sudah bisa menikmati Apple Translate yang serupa dengan Google Translate. Translate ini juga memiliki 11 bahasa karena iOS 14 ini masih beta, kemungkinan pasti ada tambahan bahasa termasuk bahasa Indonesia. 

3, App library

Fitur App Library berfungsi untuk mengelompokkan aplikasi ke dalam berbagai kategori tertentu sesuai kategori, seperti recently added untuk aplikasi baru yang di-install, social media, entertainment, dan sebagainya.
Melalui fitur ini,dan bukan hanya itu pada iOS 14 juga dapat menyembunyikan aplikasi yang berantakan pada home screen.

4, app Clips

Fitur ini merupakan pembaruan kecil namun cukup bermanfaat. Singkatnya, App Clips mampu memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran. App Clips telah dilengkapi dengan fitur NFC dan QR Code, sehingga pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk melakukan kegiatan seperti membayar parkir.
Kode pada App Clips juga dapat dibagikan melalui aplikasi perpesanan Messages dan browser Safari serta telah kompatibel pada Apple Pay.
Pada tahun 2016 lalu, Google pernah meluncurkan Instant Apps, yang menawarkan kelebihan serupa. Aplikasi ini mampu membagikan kode URL, sehingga pengguna tak lagi harus mengunduh aplikasi untuk melakukan transaksi tertentu.

5, Apple Maps Cycling Directions

Selain menyediakan rute bagi para pengendara sepeda motor, kendaraan bermobil serta pejalan kaki, aplikasi Maps kini turut menyediakan rute khusus untuk para pengendara sepeda.

Maps kini dapat menyajikan beragam informasi yang bermanfaat seperti tingkat ketinggian dataran rute, kondisi kepadatan lalu lintas serta ketersediaan tangga di sepanjang rute yang diambil.

Selain hadir pada iOS 14, fitur ini turut tersedia pada WatchOS 7 untuk wearable Apple Watch.

6, Wind Down Mode

Fitur Wind Down Mode yang berfungsi untuk membantu pengguna ketika sedang bersiap-siap untuk tidur. Dengan Wind Down Mode, pengguna dapat mengatur waktu tidur dan bangun, serta memasang mode "Do Not Disturb" pada ponsel.

7, Picture-in-Picture

Setelah sebelumnya hadir pada iPad, fitur picture-in-picture (PiP) kini muncul secara perdana pada iOS 14. Fitur ini memungkinkan pengguna menonton video, termasuk video chat dalam layar kecil sembari membuka aplikasi lain di ponsel.
Sedangkan fitur picture-in-picture bukanlah hal yang baru bagi pengguna Android. Namun tak seperti di iOS 14, ketika video digeser maka audio otomatis akan menghilang alias tidak dapat terdengar. Dan pada iOS 14 fitur tersebut hanya dapat berfungsi pada Apple TV, kemungkinan akan hadir pada YouTube dan aplikasi stream lainnya.

8, notifikasi panggilan

Layar panggilan atau notifikasi panggilan pada iOS 14 membuat pengguna tidak terganggu pada saat menggunakan iPhone, karena notifikasi panggilan akan seperti pop up di atas seperti notifikasi pada umumnya. 

9, Apple back tap

Fitur yang terakhir ini adalah fitur yang merupakan fitur tersembunyi pada iOS 14 fitur tersebut merupakan fitur dimana pengguna dapat dobble tap pada logo iPhone di belakang akan menjalan aplikasi m-banking, dan Triple tap pada logo Apple di bekalang akan menjalankan aplikasi yangg sering anda gunakan